Komponen-komponen Sistem Pendidikan Guru

Komponen-komponen Sistem Pendidikan Guru

Guru adalah suatu jabatan yang harus dituntut professional, yang memiliki peranan penting untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Professional disini maksudnya guru itu harus menguasai kompone-komponen guru.

Komponen-komponen Sistem Pendidikan Guru

Adapun Komponen-komponen Sistem Pendidikan Guru

1. Lulusan.
Para lulusan adalah produksi sistem pendidikan guru. Kuantitas dan kualitasnya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, dan harapan masyarakat, yaitu guru yang baik, baik ditinjau dari proyeksi nasional (Pancasila dan UUD 1945), proyeksi pembangunan nasional sebagi manusia pembangunan, dan dari segi kriteria professional.

2. Calon siswa/mahasiswa (input).
Para calon siswa/mahasiswa adalah masukan dalam bentuk material mentah ke dalam proses pendidikan guru. Karena ledakan para calon besar, menyebabkna besarnya arus siswa pada berbagi jenjang pendidikan. Semua hal tersebut menjadi tanggung jawab sistem pendidikan guru untuk memprosesnya.

3. Proses pendidikan guru.
Proses ini berlangsung dalam kelas, dalam kegiatan ekstrakulikuler, dan pada kehidupan luar kelas. Lawrence Downey menyatakan bahwa proses pendidikan mengandung tiga dimensi. 1) Dimensi substantive mengenai bahan yang akan diajarkan. 2) Dimensi tingkah laku guru bagaimana guru mengajar. Jadi, bertalian dengan kemampuan guru dan metode mengajar. 3) Dimensi lingkungan fisik, sarana, dan prasaranan pendidikan.

4. Manusia.
Komponen ini terdiri dari unsur guru dan unsure staf personel. Guru memegang peranan sangat penting dalam proses pendidikan guru. Karena itu harus memiliki kualifikasi professional sehingga mampu mengemban tugas dan peranannya. Dinyatakan oleh Wiliiam Taylor bahwa pada masa mendatang peranan guru semakin bertambah luas. Guru merupakan agen kognitif, guru sebagi agen moral dan politik, guru selaku innovator, guru berperan secara kooperatif, dan guru sebagi agen persamaan sosial dan pendidikan. Selain itu, para staf personel bertugas menunjang proses pendidikan dengan memberikan pelayanan teknis dan administratif.

5. Metode.
Komponen ini mengandung unsur substantif atau program kurikuler, metode penyajian bahan, dan media pendidikan. Tiap jenjajng pendidikan guru memiliki programnya sendiri, sesuai dengan tujuan institusionalnya, yang membutuhkan metode penyampaian dan media pendidikan yang tepat guna, demi tercapainya mutu lulusan yang baik.

6. Materi.
Komponen ini mengandung unsure fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan. Bila komponen ini telah bersedia secara memadai, maka akan memperlancar proses pendidikan dan akan memberikan mutu lulusan yang baik.

7. Evaluasi
Komponen ini berfungsi menilai sejauh mana keberhasilan proses pendidikan guru, memeriksa mutu lulusan, dan menyediakan informasi yang berguna untuk perbaikan sistem pendidikan guru pada masa mendatang.

8. Umpan balik.
Saling berhubunganBila dari subsistem evaluasi ternyata terdapat berbagi kelemahan dalam sistem pendidikan guru, maka perlu ditinaju kembali dan direorganisasi agar lebih mantaf. Karena itu, komponen umpan balik sangat diperlukan dan perlu dikembangkan pengelolaan sistem inormasi.

9. Masyarakat.
Komponen ini merupakan input eksternal sosial budaya. Karena pendidikan adalah bagian integral dan kebudayaan maka sistem pendidikan guru yang menjadi bagian kebudayaan itu, berfungsi sebagai pengawet dan sekaligus pencipta dari kebudayaan. Masyarakat dan sistem pendidikan guru saling mempengaruhi satu salam lain. Karena itu diperlukan tanggung jawab dan kerja sama secara efektif antara kedua pihak tersebut bersama pemerintah.

Komponen-komponen tersebut saling berhubungan, saling ketergantungan dan sailng menerobos baik antar komponen-komponen dengan keseluruhan sistem pendidikan guru untuk mencapai tujuan pendidikan guru. Perubahan pada suatu komponen lainnya dan sistem secara keseluruhan

Sumber : Bisri Mustofa Djaelani M.Si
ETIKA DAN PROFESI GURU

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Komponen-komponen Sistem Pendidikan Guru "

Post a Comment