Bentuk - bentuk Nilai

Bentuk - bentuk Nilai

Sebagian para ahli membedakan bentuk niali dalam dua golongan, yaitu : nilai instrumental dan nilai intrisik. Nilai instrumental merupakan nilai yang daianggap baik, karena bernilai intuk sesuatu yang lain. Nilai ini terletak pada konsekuensi pelaksananya dalam upaya untuk mencapai nilai yang lain. Nilai instrumental dapat dikategorikan sebagi nilai yang bersifat realtif dan subjektif.

Bentuk - bentuk Nilai


Nilai instrinsik ialah nilai yang dianggap baik, tidak untuk sesuatu yang lain, melainkan untuk nilai di dalam dan dari dirinya sendiri. Nilai intrinsic bersifat pribadi ideal, dan menjadi pusat dalam hirariki nilai yang terkandung di dalam kodrat manusia. Hal ini, karena tujuan akhir pendidikan adalah self-realization (Muhammad, N.S, 19986).

Kohlberg (1976), menyatakan dua kualifikasi nilai meliputi: nilai-nilai yang bersifat objektif, universal dan intrinsic yang isi dan makna pesannya ada, diterima dimana-mana dan berlaku sepanjang masa. Nilai yang bersifat subjektif, khusus atau instrumental (subjektiv, khususu, instrumental), nilai yang sudah mempunyai warna isi corak sesuai dengan manusia atau kelompok dan kondisi penganutnya.

Halaman Berikunya. (NEXT)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bentuk - bentuk Nilai "

Post a Comment